Friday, June 7, 2013

Recap : When A Man Loves episode 20 (END)


Pernikahan antara Sung Jo dengan Tae Sang ternyata nggak main-main. Tae Sang bener-bener mau menikahi Sung Jo. Sung Jo pun udah memilih-milih pakaian pengantin. Tapi dibalik kebahagiaan Sung Jo selalu ada si ahjussi yang berambut abu-abu a.k.a Yong Gap yang selalu nggak pernah rela kalau Sung Jo ngedapetin Tae Sang. Apalagi ini, Yong Gap ngeliat Sung Jo mau nikah dengan Tae Sang. Yong Gap pun marah saat menemui Sung Jo di tempat pakaian pengantin. Yong Gap mengatakan pada Sung Jo kalau dia akan memberikan hadiah pernikahan yang sangat hebat.


Berita tentang pembunuhan yang dilakukan Tae Sang bener-bener mengagetkan semua orang terutama Roy Chang.  Tapi Chang Ji Myung yang saat itu udah dateng ke korea berusaha menenangkan Roy Chang. Dan yang amat sangat aneh, entah kenapa bapaknya Mi Do ini berubah jadi mihak Tae Sang. Dia bilang ke Mi Do kalau dia yakin Tae Sang nggak membunuh. Bapaknya Mi Do mengatakan kalau mungkin Tae Sang melakukan itu untuk melindungi ibunya. Mi Do dan ibunya pun dibuat bingung dengan sikap bapaknya yang berubah 180 derajat. Saat itu Mi Do langsung teringat dengan kata-kata Tae Sang saat memberikan surat yang ditulis Chang Hee padanya. Tae Sang pernah mengatakan kalau sisa surat yang ditulis Chang Hee nggak bisa dikasih liat karena masalah pribadi Chang Hee. Mi Do semakin merasa kalau disurat itulah kebenaran yang sesungguhnya.


Mi Do langsung menemui Tae Sang dikantornya. Tae Sang kaget dengan kedatangan Mi Do yang tiba-tiba. Mi Do mengatakan pada Tae Sang untuk memperlihatkannya sisa surat yang ditulis Chang Hee. Tapi Tae Sang menolak dengan menyuruh Mi Do untuk nggak ikut campur dengan masalahnya. Mi Do pun mengatakan kalau dia mau melakukan itu karna merasa bersalah pada Tae Sang, makanya dia mau membantu Tae Sang.
Dan tiba-tiba Sung Jo masuk keruangan Tae Sang. Dengan nada sinis Sung Jo menanyakan maksud kedatangan Mi Do ke ruangannya Tae Sang. Tapi Mi Do nggak mau memberitahu, dia segera pamitan. Tapi tiba-tiba langkah Mi Do terhenti karna Tae Sang mengatakan kalau dia akan menikah dengan Sung Jo. Mi Do kayak kesambar petir disiang bolong, dia nggak bisa berbicara apa-apa. Dan akhirnya Mi Do mengucapkan selamat pada Tae Sang dan Sung Jo, Mi Do juga meminta undangan untuk dikirimkan padanya.
Pas didalam bis, Mi Do kembali melihat foto Tae Sang yang pakai masker di handphonenya. Mi Do segera menghapus foto tersebut.


Sungguh aneh, Chang Ji Myung tiba-tiba menemui Chang Hee diapartemennya. Masih nggak masuk akal aja, padahal pas di Hongkong Tae Sang bilang bakal ngenalin temennya yang punya kartu nama itu. Tapi sekarang tiba-tiba udah muncul aja di apartemen Chang Hee. Dari mana Chang Ji Myung taunya keberadaan Chang Hee ya?
Begitu Chang Hee selesai memberi hormat pada Chang Ji Myung, Chang Hee memberikan amplop coklat yang berisi sikat gigi dan rambut Jae Hee untuk dilakukan tes DNA. Ini supaya Chang Ji Myung lebih percaya kalau anaknya yang selama ini dicari adalah Jae Hee. Chang Ji Myung mengatakan pada Chang Hee kalau Jae Hee anaknya berarti Chang Hee juga anaknya.


Walaupun Jae Hee udah tau seperti apa Tae Sang yang sebenernya, tapi Jae Hee tetep berusaha mau menjatuhkan Tae Sang. Didalam rapat para pemegang saham Jae Hee mengatakan niatnya untuk menjual golden tree pada asia star group, tapi Roy Chang menolaknya. Dia mengatakan kalau asia star akan berinvestasi bukan untuk membeli golden tree. Apalagi saat itu Tae Sang nggak hadir dalam rapat. Saat ditanya Jae Hee kenapa Roy Chang menolak rencananya, Roy Chang mengatakan kalau perusahan golden tree dibangun oleh Tae Sang. Sebenernya sih Jae Hee pengennya supaya Roy Chang ngaku didepan forum rapat kalau dia adalah adeknya Tae Sang.


Yong Gap ngajak Sung Jo minum-minum sebelum hari pernikahannya. Yong Gap mengatakan pada Sung Jo kalau hadiah pernikahan yang hebat adalah tentang peristiwa 7 tahun yang lalu. Akhirnya teka-teki terakhir terpecahkan juga. Ternyata malem itu Tae Sang memang menemui selingkuhan ibunya yang sedang mabuk. Dan saat itu Yong Gap juga berada dirumah makan itu. Dia melihat Tae Sang membawa laki-laki itu keluar setelah memukulnya. Sung Jo tiba-tiba muncul dan menanyakan keberadaan Tae Sang. Sung Jo mencari Tae Sang karena kemungkinan Tae Sang akan melakukan sesuatu yang bodoh pada laki-laki tersebut. Ternyata nggak ada siapa yang bunuh siapa. Saat itu laki-laki itu memukul Tae Sang sampai Tae Sang nggak sadarkan diri, dan karna laki-laki itu sedang mabuk membuat dia nggak bisa melihat apa yang ada didepannya. Dia kesandung kaki Tae Sang dan akhirnya jatuh di tangga yang ada didepannya.
Kebetulan Chang Hee saat itu muncul dan melihat Tae Sang tergeletak. Dia juga melihat laki-laki yang jatuh dari tangga. Tapi begitu menyadari kalau laki-laki itu udah nggak bernafas, chang Hee cepat-cepat membawanya. Chang Hee sempet bilang ke Tae Sang kalau dia akan membawa laki-laki itu. Tapi ternyata Chang Hee menguburnya ditengah hutan. Dan saat itu ternyata Yong Gap memperhatikannya dari awal sampai akhir.


Mi Do mimpi bertemu dengan Tae Sang. Di dalam mimpinya Tae Sang melihat tulisan Mi Do yang ada di papan tulis didepan toko bukunya. Setelah membaca Tae Sang mengatakan pada Mi Do untuk menutup matanya karna dia akan menulis sesuatu. Tapi begitu Mi Do membuka matanya Tae Sang udah menghilang. Saat terbangun dari tidurnya Mi Do segera berlari menuju kerumah lamanya untuk memastikan apa mimpinya nyata. Tapi begitu sampai didepan toko buku, Mi Do masih melihat tulisannya berada dipapan tulis. Mi Do pun langsung nangis. Waaaakkk... sepertinya dia baru merasa kehilangan Tae Sang dan baru nyadar kalau hatinya milih Tae sang. Aaaiigggooo... telat banget deh si Mi Do ini.Orang udah mau nikah malah baru sadar sama perasaannya.


Tae Sang akhirnya membawa Tae Min a.k.a Roy Chang kerestoran ibunya. Saat itu ibunya Tae Sang sedang ke pasar. Jadi cuma Ddol yang menjaga restoran. Roy Chang masih belum tau kalau disitu adalah restoran ibunya. Roy Chang bertanya pada Tae Sang tentang pembunuhan tersebut. Tapi Tae Sang cuma menjawab kalau bukan dia yang bunuh. Dan saat itu Tae Sang mengatakan "kalau pun aku berenti dari perusahaan, kamu yang akan menjaganya... Tae Min". Seketika itu Tae Min kaget karna Tae Sang tau siapa dirinya yang sebenernya. Tiba-tiba ibunya Tae Sang muncul. Dia langsung menjatuhkan belanjaannya dan memeluk Roy Chang. Rupanya si ahjumma ini masih inget dengan tampang Tae Min walaupun udah berpisah lama. Awalnya Roy Chang nggak mau dipeluk oleh ibunya, tapi ibunya meminta untuk bisa memeluknya. Tae Sang pun juga ikut sedih begitu melihat Roy Chang memeluk ibunya.


Tae Sang dan Roy Chang berjalan berdua sepertinya disekitar rumah makan ibunya. Saat itu Roy Chang mengatakan alasan dia pura-pura nggak mengenali Tae Sang dan menceritakan kenapa dia bisa hilang dari ibunya. Dan Tae Sang pun mengucapkan terima kasih pada Roy Chang karena udah mau memeluk ibunya. Yeeaayy! akhirnya brothers time....


Sung Jo dan Tae Sang melakukan foto pre-wedding. Sung Jo merasa kalau saat itu adalah saat paling bahagia setelah kematian ibunya. Sedangkan Tae Sang masih berusaha untuk menerima Sung Jo sebagai calon istrinya walaupun masih belum bisa melupakan Mi Do.
Mi Do pada akhirnya harus merasa menyesal begitu menerima undangan pernikahan Sung Jo dan Tae Sang yang dikirimkan melalui handphone. Didalam undangan tersebut terdapat foto Tae Sang dan Sung Jo yang mengenakan pakaian pengantin.


Mi Do dan Jae Hee bertemu disebuah taman. Sebenernya hubungan Mi Do dengan Jae Hee ini bener-bener nggak jelas. Kapan mulai pacarannya dan kapan putusnya atau emang nggak pernah ada hubungan yang pasti? Kalaupun pacaran kayaknya Mi Do sama juga nggak pernah terlihat bahagia sama Jae Hee. Beda saat mereka melakukan hubungan terlarang, mereka justru terlihat bahagia.
Mi Do memberitahu Jae Hee tentang kebohongannya yang pura-pura ilang ingatan. Tapi yang aneh lagi Jae Hee sama sekali nggak marah saat Mi Do bilang mau menghadiri pernikahan Tae Sang. Saat Jae Hee bertanya pada Mi Do apa masih memiliki perasaan pada Tae Sang, Mi Do nggak jawab dia cuma bilang kalau Tae Sang adalah bagian dari hidupnya. Yaakkk.. dan akhirnya dari awal sampe akhir Mi Do masih nggak tegas dengan perasaannya. Jadi berakhirnya hubungan Mi Do dengan Jae Hee cuma begitu aja tanpa menyesali apa yang udah mereka lakukan ke Tae Sang. Saat itu Jae Hee juga mengatakan kalau pertemuannya di Guam dan saat dia membawa beras nasi, dia sama sekali nggak menyesalinya.


Tae Sang bener-bener tau bagaimana caranya memperlakukan seorang wanita walaupun dia nggak mencintainya. Dia langsung menggandeng tangan Sung Jo saat Sung Jo merangkul lenganya. Sung Jo juga dibelikan gelang sebagai simbol kalau Tae Sang melamarnya. Dan gelang itu nggak pernah bisa dibuka kecuali Tae Sang yang membukanya.


Ada lagi keanehan di episode terakhir ini. Tiba-tiba Jae Hee udah bertemu dengan Chang Ji Myung dan Roy Chang. Saat itu Chang Ji Myung udah diberikan hasil tes DNA dirinya dengan Jae Hee. Dan dia pun syok mengetahui kalau Jae Hee adalah anaknya. Chang Ji Myung sempet memegang dadanya karna sakit, tapi dia berusaha bangun untuk memegang Jae Hee. Dan Jae Hee pun langsung nangis karna nggak percaya dengan apa  yang terjadi. Chang Ji Myung langsung mengatakan kalau sekarang dia punya empat anak Roy Chang, Tae Sang, Jae Hee, dan Chang Hee.
Bener-bener aneh, writer-nim nya nggak memberitahu gimana Jae Hee bisa bertemu dengan Roy Chang dan Chang Ji Myung.


Mi Do, bapaknya, dan Eun Hye minum soju bersama-sama. Saat itu Mi Do memberitahu bapaknya untuk menulis buku tentang seorang perempuan yang hidup miskin dan berusaha untuk memperbaiki hidupnya. Mendengar alur cerita yang dikatakan Mi Do membuat bapaknya bisa nebak kalau itu adalah kisahnya Mi Do. Dan Mi Do pun memberitahu kesimpulan akhir dari cerita itu kalau Mi Do menyesal udah meninggalkan pria yang baik.


Akhirnya tiba juga hari pernikahan Tae Sang. Acara pernikahan Tae Sang memang cuma dihadiri relasi terdekat. Salah seorang sekertaris Tae Sang memberitahu Chang Hee, Dong Goo, dan pegawai golden tree yang lain kalau Tae Sang udah dikeluarkan dari perusahaannya sendiri. Sekertaris Tae Sang meminta untuk nggak memberitahu Tae Sang tentang masalah itu.
Diluar dugaan, ternyata Mi Do menepati kata-katanya. Dia memundurkan jadwal keberangkatan ke new york demi bisa menghadiri pesta pernikahan Tae Sang.
Disisi lain Yong Gap dateng menemui Sung Jo, Yong Gap mengatakan pada Sung Jo kalau dia akan ke kantor polisi dan membuat kesaksian dengan syarat Sung Jo nggak menikahi Tae Sang. Kalau Sung Jo masih tetep menikahi Tae Sang, maka Tae Sang akan tetep ditangkap dengan tuduhan pembunuhan. Kyyaaa... pada akhirnya Sung Jo lah yang berusaha untuk melindungi Tae Sang. Dia memilih untuk nggak muncul dalam pernikahannya. Perasaan bahagia yang udah dirasakan Sung Jo tiba-tiba berubah menjadi kesedihan. Sung Jo yang masih memakai gaun pengantin pergi dengan mengendarai mobil ketempat yang sepi, dan dia pun menangis disana.
Disatu sisi Tae Sang duduk disalah satu bangku saat semua tamu udah pergi. Dia seperti meratapi nasibnya. Entah nasib bahagia dia nggak jadi nikah dengan Sung Jo atau nasib sedih karena untuk kedua kalinya dia ditinggal oleh perempuan. Ternyata saat itu Mi Do memperhatikan Tae Sang dari kejauhan. Tae Sang pun melihat Mi Do saat Mi Do berjalan didepannya tanpa mengatakan apapun.
Begitu Mi Do berjalan ke pintu gerbang Chang Hee menemuinya. Chang Hee mengatakan kalau dia akan menyerahkan diri ke kantor polisi dan meminta maaf pada Mi Do karna udah menabraknya. Sebelum Chang Hee pergi dia mengatakan pada Mi Do kalau Tae Sang adalah orang yang baik dan membuat Mi Do semakin menyesal.


Karena udah nggak bekerja lagi membuat Tae Sang lebih punya banyak waktu untuk santai. Ibunya menemuinya saat Tae Sang sedang membaca buku disebuah taman. Ibunya Tae Sang mengatakan kalau Mi Do udah pindah rumah. Dia pun kerumah Mi Do yang lama untuk memastikan sendiri apa Mi Do bener-bener udah pindah. Begitu sampai disana Tae Sang melihat toko buku yang tutup dan gelap, begitu juga dengan rumah Mi Do yang diatas toko buku. Tae Sang akhirnya membaca tulisan Mi Do dipapan tulis.
Dan Mi Do akhirnya mewujudkan cita-citanya untuk bekerja dengan Kelly Jo di New York.


Dua tahun udah berlalu....
Chang Hee udah keluar dari penjara, Jae Hee dan Dong Goo masih setia menyambut Chang Hee. Sung Jo dan Yong Gap masih berkutat disitu-situ aja. Tapi untuk kali ini Yong Gap mengatakan pada Sung Jo walaupun dia terobsesi atau mencintai Sung Jo, dia akan melepaskan Sung Jo. Sadar juga nih si Ahjussi kalau dia nggak bisa dapetin Sung Jo bagaimanapun juga.
Bapaknya Mi Do akhirnya menerbitkan bukunya dan mengundang Mi Do untuk ikut dalam acara peluncuran buku tersebut. Dan secara mengejutkan Jae Hee datang keacara pelunucran buku tersebut. Masih suka kah Jae Hee sama Mi Do?
Toko buku milik Mi Do kembali dibuka, dia pun meminta izin kepada pemilik toko buku tersebut untuk menulis di papan tulis. Dan ternyata pemilik buku yang sebenernya adalah Tae Sang. Dia baru sadar kalau Mi Do dateng ketoko buku itu saat dia membaca tulisan dipapan tulis.
Mi Joon dan Ddol akhirnya debut menjadi idol. Tapi sayang sepertinya Eun Hye belum jadi idol, tapi dia menjadi pacar Mi Joon.
Tae Sang kembali ke golden tree sebagai direktur. Ternyata selama ini perusahaannya dijalankan oleh Roy Chang a.k.a Tae Min. Dan seperti biasa Dong Goo dan Chang Hee tetap menjadi tangan kanan dan kiri Tae Sang. Yang mengejutkan lagi Jae Hee masih bekerja di golden tree, tapi dengan situasi yang berbeda. Jae Hee menjadi sangat baik dengan Tae Sang. Saat itu Tae Sang menemui Jae Hee di rooftop dan menanyakan bagaimana keadaan Guam.
Dan diakhir dari drama ini yang bikin semua penonton ada yang kecewa dan ada yang seneng adalah Mi Do memutuskan untuk bekerja di toko buku milik Tae Sang. Dan untuk pertama kalinya Mi Do bertemu dengan Tae Sang. Tae Sang menyuruh Mi Do untuk nggak bekerja di toko bukunya dengan alasan kemungkinan dia akan menyukai Mi Do lagi. Dan Mi Do pun tetep kekeh mau bekerja di toko buku itu dengan alasan kalau mungin dia akan menyukai Tae Sang lagi. Kkyyyyyaaaaaa..... dan pada intinya sekarang Mi Do yang ngejar Tae Sang.


Finally.... berakhir juga drama yang selalu dibuat emosi tiap minggunya. Dan akhirnya pun semua happy ending. Pasti banyak yang pengen Tae Sang dan Mi Do happy ending, tapi pasti banyak juga yang nggak rela kalau Tae Sang bisa dengan mudahnya balikan sama Mi Do. Kalau saya pribadi saya lebih milih yang happy ending tanpa harus bersama Mi Do lagi. Happy ending dengan kehidupan masing-masing malah terlihat lebih nggak memaksakan. Writer-nim di drama ini lebih memfokuskan konflik dari awal sampe pertengahan dan memfokuskan bagaimana Mi Do menghancurkan Tae Sang. Tapi begitu dua episode akhir terlihat banget kalau penulisnya udah kehabisan akal dan lebih memilih kemauan penonton dengan dibuat happy ending dengan terpaksa sepertinya. Tapi tetep harus menghargai karya pembuat drama ini dan pemainnya.
Gomawo yeorobun~ udah mau baca recap dan berbagi pemikiran dan perasaan setiap minggunya. Selalu kunjungi Sojufreak.blogspot.com dan sampai bertemu di drama selanjutnya!

Saranghaeyo yeorobun~ ^^

49 comments:

  1. inilah akhir happy ending yang dianggap terbaik oleh writer-nim. meskipun terkesan terlalu di paksakan..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Klo Gw lebih suka tae sang ketemu cewek lain yg lebihhh cantik,,bête sm si mi do,,sakit hati Gw liat tae sang dikhianati gitu Hiks Hiks hiks

      Delete
    2. Mi do tuh >:/​G̲̮̲̅͡åк̲̮̲̅͡ >:/ punya ekspresi yah kaya robot. ƍªªk cocok ma tae sang. Harusnya terakhirnya mi do liat tae sang sedang ketawa bahagia dengan cewek barunya yg lebih cantik dan ceria dari pada mi don.

      Delete
    3. Setuju banget, gereem dan kesel deh liat karakter yg memerankan si Mido. Sama wkt dy di film Fashion King yg krn dy cowok itu dah bkorban sgalany bahkan nyawany tp dy malahan mmilih cowok lain yg mbunuh cowok yg katany drindukanny ini.

      Delete
  2. Walopun happy ending nya maksa kayak gini,,tetep ngarep ada sweet scene nyaaa,,tyt tidak,,
    Tp knapa jstru yg jd ksian liat soung joo dsni yah...

    ReplyDelete
  3. Endingnya sangat2 dataaaarrrr, agak kecewa siii, tp ya gimana bukan saya yg nulisnya yaaaa, hahahah
    Maksa happy ending banget..

    ReplyDelete
  4. kucewaaaaaa.......

    ReplyDelete
  5. and gomawoo for oenni yang udach buat recapnya...... and bagaimna pun ending nya aku terimah krn aku yakin penulisnya lebih tau yang terbaik........

    ReplyDelete
  6. Apa pun endingnyaaaa,,,tetep sukaaa,,,
    Bye,,bye,,oppa taesang... \(•ˆ⌣ˆ•)/

    ReplyDelete
  7. Wah.. Cuma kurang dikit nih. Coba aja tae sang tersenyun mendengar perkataan mi do n menggandeng tangan mi do sambil berjalan. Dengan sweet smile dikedua bibir mereka. Ga akan datar

    ReplyDelete
  8. yaaah nggak rela deh tae sang kalo happy endingnya sama mi do.. masih sebel sama mi do

    ReplyDelete
  9. sepertinya endingnya tdk di paksakan, writer nim nya memang ingin di endingnya membuat mi do akhirnya sadarnya bahwa dia salah faham thd tae sang dan menyesal.
    klo kita lebih perhatikan lg jalan cerita drama ini, sebenarnya mi do sdh mulai suka tae sang sebelum mi do bertemu jae hee. tp ketika berada di guam mi do menelfon tae sang, ternyata yg mengangkat song jo. dan sung berhasil membuat mi do cemburu,kecewa dan salah paham thd tae sang. dan ketika dalam rasa kecewa inilah mi do bertemu jae hee, menghabiskan waktu di guam nya bersama, hingga timbul rasa suka mi do pada jae hee, melebihi rasa suka mi do pada tae sang. ini terlihat ketika mi do lebih memilih diner dgn jae hee dn menolak diner dgn tae sang. tp akhirnya tae sang menjelaskan hal yang sebenarnya pada mi do, dan mi do pun akhirnya memilih diner dgn tae sang. ketika jae he meminta mi do untuk ketemuan esok harinya, mi do pun tidak dtg dan memilih pulang menyusul tae sang. hal itu karna mi do lebih dulu menyukai tae sang (walaupun tdk sebesar rasa suka mi do thd jae he} dan mi do menjaga rasa suka nya pada tae sang.

    sebenarnya bad person dlm drama ini adalah song jo, song jo berhasil membuat mi do salah paham thd tae sang dan benci tae sang hingga berpaling pada jae he. song jo berhasil membuat jae he benci tae sang dan ingin merebut mi do dr tae sang (karna menurut jae he, tae sang sgt jahat telah mengkambing hitamkan kakaknya)

    di episode2 ahir, akhirnya mi do sadar telah salah faham thd tae sang n menyesal, dan rasa suka pd tae sang yang telah hilang pun muncul lg dn bertambah besar.
    cuma di sayangkan endingnya datar, tae sang menyuruh mi do pulang karna takut ia akan menyukai mi do lagi(karna setahu tae sang mi do ga menyukainya) , tp mi do tdk mau pulang dgn alasan dia masih menyukai tae sang, lalu mereka berdua tersenyum.
    Datar bgt sih endingnya, GRRRRRRRRRRRRRRRR

    ReplyDelete
  10. lebih bagus kalau tae sang nya jadi menikah dengan sung jo... dan hidup dengan bahagia....

    ReplyDelete
  11. Iyaa,,,,,aku juga lebih suka kalau tae san hidup bersama sung jo yang sayang dan sangat jujur akan perasaannya terhadap tae san,,pengorbanan dia juga lumayan besar buat tae san,,,, mi do selain plin plan dia juga ga terlihat menyayangi tae san sepenuh hati,,,,sebel jadinya dgn muka datarnya mi do,,,,

    ReplyDelete
  12. thanks, sinopsisnya menarik ^.^

    ReplyDelete
  13. Thx sinopsisnya

    Kalo diperhatikan di di film ini ada 3 bentuk cinta
    1. Cinta yg penuh obsesi sehingga menjadi ekstrem yaitu cinta Yong Gap n cinta Song Joo cinta yg kalo Queen( Fredie Mercury) bilang "Too Much Love Will Kill You"
    2. Cinta monyet ato cinta anak muda yg penuh gairah, ekspresif, banyak manipulatif juga kadang2... Kalo boleh jujur ketika usia akhir belasan n awal 20an pasti banyak yg melakukan cinta seperti Mi Do n cinta spt Jae Hee, cinta yg rapuh n tidak akan pernah lolos ujian berat...
    3. Inilah cinta tertinggi cinta Agape, cinta tanpa pamrih, cinta yg tidak pernah mengatakan alasan mengapa, karena semuanya adalah utk cinta, cinta yang lebih sering mengatakan meskipun. Jarang ada yg bisa seperti itu sekalipun laki2 sudah dewasa n tua... Inilah cinta Han Tae Sang, cinta yg teruji oleh waktu n penderitaan
    4. Cinta terhadap saudara, cinta Chang Hee yg penuh dedikasi n keaetiaan, siapa yg ga mau punya kakak seperti dia n siapa yg ga mau punya temam seperti dia

    ReplyDelete
    Replies
    1. setujuh dgn analisa mas hendrik...khan judulnya juga when a man loves ,,love sama pacar, or sama saudara..

      Delete
  14. Andai ajja ending nya bisa sedikit lebih romantis pasti seru.. tapi walaupun ending nya kurang memuaskan.. suka banget sm jalan cerita nya. The best deh.. berharap ada lanjutan nye hehehehe

    ReplyDelete
  15. Tae sang terlalu keren buat mi do. Pangeran tampan, kaya, baek bgt trus pemaaf. Harusnya terakhirnya ƍªªk usah dibikin deket lagi dgn mi do. Biar ajah dia ketemu yg baru. Mi do terlalu nyebelin.

    ReplyDelete
  16. PreeEeet aaah sumpee degh ending'a nyesek bngt,,, Tae Sang nyaris smpurna, cinta tnpa pamrih,,tolol tu Mi Do udh mnyia2kn cinta'a Tae Sang, coba degh ending'a bwt Mi Do mnderita dl tuk buktiin klw dcintai oleh Tae Sang itu adalah harapan stiap wanita. Tp btw thank's bngt recap'a,, ditunggu recap Kdrama yg lainnya:)

    ReplyDelete
  17. owh begitu toh endingnya (baru sempet liat episode 8). jadi g semangat nonton lagi, padahal dari awal saya dukung tae sang buat dapetin mido. "batu yang keras akan berlubang juga oleh tetesan air.." saya kira cinta tanpa pamrihnya tae san bisa meluluhkan hatinya mido dan melupakan jae hee. persis fashion king. kenapa pemeran utamanya diakhir malah ga jadi

    ReplyDelete
  18. hahahaha, kupikir aq aj yg kecewa, ternyata banyak temen senasib tohh, puasss banget tau mi do akhirnya nyadar, walaupun endingnya nggak memuaskan, tapi menjawab banyak pertanyaan

    ReplyDelete
  19. Hahahhahaha saya msih d episod tiga tmn2...... Tp stlah bc coment dr tmn2 rasany gak mood lg untk mlnjutkn.stop d episode 3 z kekny.critany cwekny msh labil gtu yahhh sm bgt kek fashion kingg....muakkkkkkk saya lihat pmain cweknyaa..labillll bgt......

    ReplyDelete
  20. ngeselin banget drama yg satu ini. ending nya ga kaya yg di harapin bgt. seharusnya mi do mati aja pas kecelakaan itu. trus jae hee masuk penjara. trus tae sang hidup bahagia dengan cewe lain.

    ReplyDelete
  21. Kl mnrut aq endingnya dah cocok.
    Cm jlnnya mw ke endingnya aja krg dprjelas..
    #nambah episode gtu,,biar jelas,,gk dptong2..hahaha....
    tp aq lbh stuju "TT" gk jadi ma Mi do,, mending ma aq ajja,,,
    kkkk~
    Ribeut dah endingnyaa...^^
    gomawoo chingu dah bwt recap-a..

    ReplyDelete
  22. aku da nonton nie mpe 19 aja.yg 20 disini doang T T .nyesek emang liat hubungan mi do ma jae hee dlm drama nie (gua paleng gk suka pas adegan mereka brdua), sudah jelas disini bahwa jae hee menyukai mi do dengan nafsu (terlihat saat mencium di kamar hotel n di rmh tae sang) sedangkan tae sang, cinta seorang lelaki yg menghormati mahkota wanita. And the last.....harusnya mi do mati, n tae sang ma cewek laen dech.....tapi namanya juga drama, mana ada coba cewek yg nolak org kyk tae sang???di khidupan nyata ya cuma cewek goblok aja yg nolak org kyk tae sang...wkwkwkwkwkw......

    ReplyDelete
  23. Sebel liat ni cewe..expresinya kaku n datarr bngettt...sama kyk wkt doi main di fashion king.ckckck sumpah rsanya kok pngen nonjok tu wjhnya yg nyebelin.

    ReplyDelete
  24. Akting mereka di sini bagus kok :3 walaupun banyak yg agak melenceng dari pokok cerita .. jb jr klop banget yuhuuuuuu ♡

    ReplyDelete
  25. klo q liat drama ini sebel bgt ama mido n jae hee,, bener kata yg lainnya ampe gregetan bgt,, n g suka ama shin she kyung orangnya tu loh mukanya cantik tapi pgn nabok,,ih,, sok imut

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sumpe aku sewwwwebel bgt ama mi do apalagi jae hee,kok ada manusia kyk mereka..aku setuju sama teman teman mdg HTS dapat cewek lain aja yg lbh sayang ama dia...mi do bloon bgt...plin plan lagi..

      Delete
  26. hate mido & jae hee so much....
    pasti bakal kangen berat ma tae sang oppa...

    ReplyDelete
  27. wah wah wah aku baru nonton episode 1, tadinya semangat banged download pengen cepet nonton ampe abis, cz ada oppa Tae sang hehehe..... tp pas udh baca endingnya jadi lemes euy, terusin download ga ya? liat sinopsisnya aku ga suka bgd, tp cuma pengen liat wajah gantengnya oppa tae sang hahahha

    ReplyDelete
  28. Hrrrrrrggg pengen nimpuk MD...kasian bgt oppa taesang...dia ga dapetin cinta yg tulus huhuuuu...tokoh utamanya ceweknya paraaahhh

    ReplyDelete
  29. Lanjutan:

    Di akhir bagian Episode 20 memberikan gambaran bagaimana Mi Do hidup di samping dengan bekerja menjadi karyawan Han Tae Sang. Kisah akhir ini mengingatkan kita, dimana pada episode 2 Han Tae Sang memaksa Mi Do untuk bekerja dan tinggal di sisinya, maka episode 20 Mi Do yang memaksa Han Tae Sang untuk bekerja dan tinggal di sisi Han Tae Sang. Pada teks terjemahan Indonesia (yang diterjemahkan dari bahasa Inggris), ke duanya bertatapan dan tersenyum penuh arti dan pengharapan dengan mengungkapkan perkataan yang sama" aku mungkin akan jatuh cinta padamu lagi".
    Tetapi dalam terjemahan literalnya, perkataan yang diucapkan Han Tae Sang dan Soe Mi Do berbeda.
    Ketika Mi Do ditolak Han Tae Sang bekerja di toko bukunya, Mi Do bertanya: " Apa alasannya? Kenapa tidak membutuhkanku/mempekerjakanku?"
    Han Tae Sang: "AKU TAKUT AKU JATUH CINTA LAGI PADAMU". "Pulanglah"
    (teks Inggris dan beberapa terjemahan Indonesia, menggunakan kata "TOLONG Pulanglah". Teks literalnya tidak menggunakan kata "TOLONG", hal ini dalam konteks orang Inggris yang mengedepankan sopan santun, tetapi melihat karakter Han Tae Sang dan teks korea tidak memakai kata "tolong")
    Mi Do: "Aku tidak mau pulang"
    Han Tae Sang: "Kenapa tidak mau pulang?", "aku bertanya kenapa tidak mau pulang?"
    Mi Do: "AKU MERASA AKU MASIH SUKA PADAMU"

    Inilah cerita happy endingnya, kalau episode 2 Mi Do bekerja dan tinggal di sisi (menjadi pasangan) Han Tae Sang karena dipaksa, sekarang Mi Do sendiri karena Suka pada Han Tae Sang (ingat kembali perkataan Mi Do di episode 20 ketika duduk bersama Jae Hee yang menanyakan keberangkat ke New York dan mengapa mau hadir di pernikahan Han Tae Sang? Mi Do mengatakan tentang Han Tae Sang bahwa "Suka atau tidak, dia satu bagian dari hidupku". Dan diperkuat dengan dengan perkataan Jae Hee: "Tae Sang masih ada di hatimu". Disinilah Han Tae Sang dan Soe Mi Do sebagai pasangan yang keduanya sama-sama menyukai, meraih kebahagiaan, dan impiannya.

    WHEN A MAN FALL IN LOVE adalah pelbagai cara dan keadaan bagaimana seorang manusia ketika jatuh cinta baik kepada kekasih, saudara, orang tua, anaknya, dan dirinya.

    ReplyDelete
  30. benar2 drama ini karakter cewek utamanya nyebelin abiss ahh,,,mi do tnp ekspressi, mengecewakan..., seandainya aja karakter mi do sama sperti karakter suzy di gu family book ckckck mngkn lebih romantis

    ReplyDelete
  31. Gak setuja banget ama mido, maksa banget niyh..,, mending kayak miss reply , jalan sendiri sendiri ajah, itu yg terbaik tuk cewek yg banyak manipulatif

    ReplyDelete
  32. sebelll bgt sm mi do.....harusnya tae sang ga ush pertahanin mido.....sebelll bgt sm karakter mido......

    ReplyDelete
  33. harusnya diterusin judulnya jdi WHEN A WOMEN FALLS IN LOVE..ceritanya nerusin ttg Mi Do yg giliran ngejar2 n brkorban buat Tae Sang biar impas hehehe n biar dy bs ngrasain gmn dulu Tae Sang ngejar2 dy :D

    ReplyDelete
  34. huaaaaa T.T padahal udh beli dvd tinggal siap ditonton pas ada waktu luang, tapi ngebaca sinopsisnya kenapa jadi kesel sendiri yah, apalagi ngeliat sikap Mi do dan Jae Hee yang jahat sama Tae Sang

    ReplyDelete
  35. knp yahh...koq tuh ce jd pmeran utama gt...?? udah ekspresi datar bgt...gda prubahan dri drama dya sblum'a...ending'a mmbuat kcewa berat...g adil buat tae sang...kya gda hukuman untuk orang2 macem c mi do ama jae hee...hate pokoknya...drama'a udh mulai dputar d'b'chanel...tpi mles liat'a,,,trllu bnyk konflik, perselingkuhan,,+ muka sii mido yg datar kya wajan...flatt..knp c b'chanel g puter yg ada seung gi oppa ajja...hhhaha ngarepp....thanx buat recap'a...wlau pen nimpuk sii mido'a yg bodoh..sok kcakepan...

    ReplyDelete
  36. sy lebih sk jk endingnya berakhir tidak bahagia, misalnya ada yg mati di antara mereka. walau kecewa tp pasti berkesan

    ReplyDelete
  37. Wah wah berhasil sekali shin sye kyung meranin mido buktinya pada kesel n benci НīĬ:DнīĬ:DнīĬ:D..
    Ceritanya emang bkin bingung n labil banget, kesannya emang agak kepaksa sih.. Tp menarik ko mungkin emang sengaja kali Чɑªª bkin film yg bkin penontonnya emosi jiwa raga sampe akhir ◦Ɨƚαª"̮°◦Ɨƚαª"̮°◦Ɨƚαª"̮°◦.. Tp good joob buat writer-nim ņчä n makasih juga Ǘϑäђ ngerecapin sinopsisnya.. Kamsahamnida~ ^^v

    ReplyDelete
  38. Emang karakter Mido ini nyebelin banget ya,tapi wajar penulisnya bikin karakter seperti itu. Dikehidupannyata saya lihat banyak tipe cewek seperti itu,plin-plan dgn pasangan,ninggalincowoknya yg jelas-jelas baik utk cowok laen yg gak jelas. Hahaa..
    Dan si Shin Se Kyung menurut sy sukses meranin Mido,tiap nonton rasanya pengen jambak nih cewek hahahaa

    ReplyDelete
  39. Di kira endingnya tae sang mati akibat nyeri di punggungnya dan smua rahasia terbongkar...trus mido dan jae he akhirnya menyesal...mido memutuskan untuk ga bersama jae he dan memilih seorang diri pokonya pgnnya mido tersiksa dihantui rasa bersalah dah seumur hidupnya...hahahaaa cerita ending versi g nih...kesel klo akhirnya mido bahagia msh skt ati g liat kelakuannya sm tae sang hiksss

    ReplyDelete
  40. Mi-dongo sebeeeelll...

    ReplyDelete
  41. lebih milih taesang ma sung joo dehhh, biar si Mi do nyesellllll,,,
    klo sungjo walaupun dah jahat ma taesang msh nunjukin ekpresi wjhny jd sedih gitu, klo Mi Do ma kgk nunjukin ekspresi apa pun, entah emank arahan sutradaranya gitu ato emank ekspresi nya Shin Sekyung mank dr sonony gitu,,, (kan gk jauh beda ma Fashion King)

    ReplyDelete
  42. Huaa akhirnya selesai juga.. Jujur aku kurang suka sama endingnya, tapi aku baru nyadar kalo cinta yang tulus itu tanpa pamrih dan tidak mengenal siapa dan apa kesalahannya terhadapmu. Karna sesungguhnya itulah arti cinta yang sebenarnya. *menurut aku :p

    ReplyDelete
  43. sekarang sy baru paham,knapa drama ini gk terllu menarik,syukurlah sy gk mendownload drama ini,drama ini gk terllu bagus ratinnya mungkin krna pemeran mido,kasian jg dia dpt kritikan keras tpi lbih kaget lagi dia dpt piala,hahaha..moga2 di tahun ini song seung hun mndapat peran lebih bagus dri ini..

    ReplyDelete
  44. sekarang sy baru paham knapa drama ini gk terllu menarik,syukurlah sy gk jdi beli kaset dvdnya,pdhal sy suka banget klau song seng hun yg main,tpiii pemeran wanitax itulah yg bikin sy jengkel..bahkan sinoposisnya sy cuma baca di eps 20 hahaha.. kaget jg shinnse kyung dpt piala,mungkin krna dia dpt kritikan pedas krna perannya sebagai gadis plin pan.. ahh jdi kangen dgn drama my princess sy sangat2 senan klau song seung hun d kim tae hee berpasangan lagi d berhrap akan melihat drama mereka lagi..makasi sinopsisnya ini^^

    ReplyDelete